Rabu, 27 November 2013

tentang AIDS

AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah salah satu PMS (Penyakit Menular Seksual) yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeiciency Virus). Gejala AIDS baru timbul setelah virus HIV bersemayam di dalam tubuh selama bertahun-tahun, bahkan sampai puluhan tahun.
Telah banyak penelitian dilakukan, namun belum pernah ditemukan vaksin yang dapat mencegah infeksi HIV, apalagi obat yang dapat membunuh virus ini. Jika seseorang terkena HIV, virus ini akan terus berada di dalam tubuh dan melemahkan sistem imun di dalam sel darah putih. Sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Oleh karena itu, tubuh akan mudah terserang penyakit jika sistem imun di dalam sel darah putih diserang.
Virus HIV masuk ke dalam tubuh manusia dengan perantaraan darah, cairan sperma atau cairan vagina, masuk ke dalam pembuluh darah. Selanjutnya, HIV akan menyerang sel darah putih yang bernama Limfoit T-4 atau sel T-helper atau sel CD-4. Limfosit T-4 sangat penting peranannya sebagai pengatur sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, HIV akan mematikan sel-sel T-4. Setelah HIV menyerang seama beberapa tahun, jumlah sel T-4 menjadi sangat sedikit. Semakin sedikit jumlah sel T-4, semakin berkurang fungsi kekebalan tubuh manusia. Pada orang sehat, penurunan sistem kekebalan tubuh menyebabkan penyakit-penyakit yang sebelumnya tidak menyebabkan kelainan serius seperti cacingan, influenza, diare akan berkembang menjadi sangat parah. Selanjutnya akan muncul gejala-gejala AIDS yang membuat kondisi tubuh semakin memburuk hingga ajal menjemputnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar